Selasa, 11 Januari 2011

Pemberi Dana Gayus Pengusaha Kaya?

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian menduga selama ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Gayus H Tambunan dibiayai oleh oknum pengusaha kaya. Oknum tersebut diduga adalah pihak yang juga membantu Gayus pelesiran ke luar negeri.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Ito Sumardi ketika dihubungi, Selasa (11/1/2011). "Bukan orang biasa, ada pengusaha, orang kaya," kata Ito.



Hingga kini, pihak kepolisian, lanjut Ito, masih mengembangkan dugaan tersebut. Mengenai tudingan yang mengatakan bahwa Polri tidak berani mengungkap oknum pengusaha tersebut, Ito menepisnya.
"Ya berani dong, masak takut," pungkas Ito. Dia pun berpesan agar media tidak terpancing isu politik terkait kasus Gayus H Tambunan tersebut. "Jangan media diikutin politik dong," kata Ito.

Sebelumnya, dalam laporan yang disampaikan Divisi Humas Mabes Polri melalui situs jejaring sosial Facebook, Ito Sumardi juga menyampaikan hal senada. Menurutnya, informasi terkait oknum yang membiayai Gayus tersebut sebagiannya didapat dari keterangan Gayus. Namun, keterangan Gayus tersebut tidak cukup dijadikan bukti.

"Kami sudah memiliki datanya dan masih mencari bukti-bukti, bukan berdasarkan pengakuan saja. Tapi itu masih merupakan pengakuan Gayus. Di situ kan ada pemalsuan paspornya, kemudian ada yang membiaya dia. Jadi itu yang akan kami dalami," paparnya.

Ito juga menyampaikan bahwa pemberi dana Gayus tersebut dapat dijerat dengan pasal pidana. "Ya bisa. Soalnya dia orang yang punya keterlibatan apalagi membiayai orang yang bermasalah," katanya.
( disadur dari : kompas.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar