Senin, 31 Januari 2011

Inilah Solusi Indonesia Keluar dari Keterpurukan




Untuk bangkit dari keterpurukan bangsa Indonesia hanya ada dua solusi terpadu. Yakni revolusi kebudayaan serta perombakan sistem kenegaraan. 

Hal itu disampaikan Liem Siok Lan, salah satu mantan penasihat Thaksin Sinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand, di Jakarta, Senin (31/1).

"Bagi bangsa sebesar Indonesia, untuk keluar dari keterpurukan hanya ada dua solusi terpadu yaitu revolusi kebudayaan serta perombakan sistem kenegaraan," tegasnya.

Menurutnya, modal awal restrukturisasi korporat dapat menjadi langkah awal bagi perombakan sistem kenegaraan yang berpihak pada rakyat.

Liem Siok Lan mengambil contoh dari Thailand dan Malaysia yang melakukan restrukturisasi korporat. Dengan merombak sistem kenegaraan, globalisasi dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

"Bagaimana bisa sebuah negara yang memiliki semuanya, sumber daya alam serta aturan main yang dibuat sendiri justru malah merugikan rakyat dan kalah dari multinational corporation?," tandas Yustiani, nama lain Liem yang melekat di Indonesia.

Lebih lanjut ia menyatakan, Indonesia merupakan negara yang belum sepenuhnya jadi. "Kita ini dibilang negara kapitalis bukan, tapi sosialis komunis juga bukan. Tapi negara ini mengatur dari mulai harga garam sampai industri pesawat terbang. Negara yang mengatur seluruhnya hingga hal yang kecil ini ya negara komunis, cuma kitanya saja yang munafik dan tidak mau mengakui," tegasnya.

Potensi Indonesia untuk menciptakan model ekonomi baru, menurutnya sangatlah mungkin. Mengembalikan kedaulatan ke tangan rakyat secara konkret akan menciptakan 'people cybernomics.' "Konsep inilah yang mempertemukan negara bimbang yang ingin kapitalis atau sosialis," pungkasnya.
( disadur dari : liputan6.com )

1 komentar:

  1. penilaian yang sangat pas " negara bimbang " lebih tepatnya " negara bingung " yang dipimpin oleh kelompok orang2 bingung.

    BalasHapus