Rabu, 02 Maret 2011

Kapal Perang AS USS Kearsarge Bergerak ke Libia



Sebuah kapal perang Amerika Serikat dengan ratusan marinir di atasnya Selasa (1/3) waktu setempat, menuju ke arah Libia, ketika Amerika dan sekutu Eropa-nya berusaha untuk meningkatkan tekanan pada pemimpin Libia Muammar Khadafi agar mundur.

"USS Kearsarge, kapal serang amphibi yang disertai dua kapal angkatan laut lainnya, diperkirakan akan melewati Tetusan Suez segera dari Laut Merah," kata dua pejabat militer tanpa menyebut namanya. "Kami tentu saja akan memindahkan aset ke tempat yang lebih dekat (Libia)." 

USS Kearsarge, dengan sekitar 800 marinir, satu armada helikopter dan fasilitas medis, dapat membantu upaya kemanusiaan dan juga operasai militer.

Para pemimpin militer AS sedang mempersiapkan serangkaian opsi bagi Presiden Barack Obama dan mengadakan pembicaraan dengan timpalan Eropa-nya, tapi kemungkinan intevensi militer tetap tidak jelas, kata pejabat itu.

Beberapa pengamat mengatakan unjuk kekuatan simbolis di pantai Libia dapat meningkatkan tekanan pada Khadafi. Pejabat itu mengatakan bahwa pengerahan pasukan angkatan laut dan udara dekat Libia bukan gertaan kosong.

Sebuah kapal induk AS, USS Enterprise -- yang memiliki jet tempur yang dapat memperlakukan kemungkinan zona larangan terbang -- dapat juga dipanggil untuk krisis Libia. Kapal induk itu saat ini di utara Laut Merah, menurut laman Internat Angkatan Laut AS.



( disadur dari : mediaindonesia.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar